SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BARABALI KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH AYO BANGKIT MENUJU MASYARAKAT DESA BARABALI YANG PRODUKTIF DAN AMAN DARI COVID-19 JAGA KEBERSIHAN JAGA KESEHATAN JAGA AKTIVITAS JAGA JARAK DAN TETAP MEMAKAI MASKER

Artikel

DIMANA ADA SAMPAH DISANA ADA BERKAH

07 Oktober 2020 09:44:12  Administrator  40 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sampah adalah sebuah kata yang biasanya membuat orang langsung terbayang sesuatu yang jorok, berbau tidak enak, kumuh, gudang penyakit, serta hal-hal yang tidak menyenangkan. Bayangan bencana yang ditimbulkan sampah selalu bergelayut dalam pikiran dan angan manusia.

Sebagian manusia memvonis bahwa semua musibah itu adalah akibat sampah tanpa memikirkan penyebab yang lebih mendasar seperti, “Kenapa sampah begitu menggunung? Kenapa sampah banyak di sungai?” dan lain sebagainya. Sampah merupakan konsep buatan manusia. Dalam proses alam, tidak ada sampah, yang ada hanyanya produk-produk yang tak bergerak.

Di sekitar kita, setidaknya kita mengenal beberapa jenis sampah jika didasarkan dari sumbernya, yaitu sampah alam, sampah manusia, sampah konsumsi, sampah nuklir, sampah industri dan sampah pertambangan. Sedangkan berdasarkan sifatnya, sampah dikelompokkan menjadi dua, yaitu sampah organik—yang dapat diurai (degradable), dan sampah anorganik—yang tidak dapat terurai (undegradable).

Guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan besarnya masalah persampahan di Desa Barabali serta menggairahkan partisipasi masyarakat dalam membantu mengurangi sampah di tingkat masyarakat dan rumah tangga, Kepala Desa Barabali Lalu Ali Junaidi bersama dengan KMPS Maju Bersama mengembangkan program kecil uji coba pengelolaan sampah, yaitu program wanita usaha kecil sampah daur ulang. Program inovatif ini dikerjakan melalui kelompok ibu-ibu PKK dan Dasa Wisma (Dawis) di Dusun Muahjiirin.

Pendapatan tambahan rata-rata dari setiap Rumah Tangga mencapai Rp 15.000 per minggu atau Rp 60.000 per bulan. Jika ditotal, Desa Barabali yang menaungi 23 Dusun dan 103 RT ini mendapat Rp 6.180.000,- (Rp 60.000 x 103 RT) per bulannya untuk pengelolaan sampah. Nilai yang sangat besar! Tak heran di Desa ini disebut-sebut sampah membawa berkah.

Menurut Kepala Dusun Muhajirin Lalu Herman, pengelolaan sampah dilakukan untuk memacu aktivitas kaum ibu dalam menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan asri, sekaligus menambah pendapatan keluarga. Caranya, para anggota kelompok wanita ini memisahkan sampah plastik dan kertas di rumah mereka sendiri dan setiap Jumat mereka membawa sampah ke tempat pengumpulan sampah yang telah disepakati bersama. Ketua PKK atau kelompok ini telah membuat perjanjian dengan para pemulung dan pengumpul sampah yang berkeliling, untuk membeli sampah daur ulang dari mereka. Sedangkan sampah dari sisa pengolahan makanan, sayuran, dan sisa dapur, mereka olah menjadi pupuk kompos.

Ketua KMPS Maju Bersama mengatakan, untuk proses pembuatan kompos dari sampah rumah tangga membutuhkan waktu sekitar satu bulan. “Lamanya proses ini dikarenakan sisa masakan yang merupakan bahan baku kompos relatif sedikit, dan masing-masing rumah tangga membuat sendiri. Bagi keluarga yang tidak sempat mengolah sampahnya, dapat diamalkan kepada tetangganya,” jelasnya. Dari kejadian tersebut, di Desa Barabali juga berlaku slogan “BERAMALLAH MESKI DENGAN SAMPAH”.

Saat ini, hasil buatan KMPS dan warga lainnya memang masih terbatas untuk kebutuhan sendiri. “Yah, paling tidak saya tidak perlu membeli tas, dompet, mainan kunci, bunga palstik lagi untuk kebutuhan saya. Dengan begitu bisa lebih hemat dimasa pandemic Covid-19,” kata Lalu Herman. Jadi, sekarang, warga Desa Barabali tidak lagi berpikir negatif menghadapi sampah. Malah, banyak sampah, banyak rejeki dan berkah. Sampah? Siapa takut! 

 

www.barabali.desa.id

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Wilayah Desa

Peta Desa

Sinergi Program

KEMENTERIAN DESA, PDTT LOMBOK TENGAH
PEMPROV NTB

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Praya - Mantang KM. 10 Desa Barabali
Desa : Barabali
Kecamatan : Batukliang
Kabupaten : Lombok Tengah
Kodepos : 83552
Telepon : 087864800920
Email : barabalidesa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:200
    Kemarin:1.036
    Total Pengunjung:25.815
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.201.18.139
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel