SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BARABALI KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH AYO BANGKIT MENUJU MASYARAKAT DESA BARABALI YANG PRODUKTIF DAN AMAN DARI COVID-19 JAGA KEBERSIHAN JAGA KESEHATAN JAGA AKTIVITAS JAGA JARAK DAN TETAP MEMAKAI MASKER

Artikel

PENGUATAN PROFESI PRADES MENJADI SALAH SATU TUJUAN ORGANISASI PPDI

12 November 2020 09:45:49  Administrator  14 Kali Dibaca  Berita Lokal

LOMBOK TENGAH,barabali.desa.id— Langkah perjuangan dari Pengurus Pusat Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PP PPDI) bersama pengurus daerah tingkat provinsi hingga kabupaten kaitannya dengan persoalan perangkat desa (Prades) tak henti-hentinya dilakukan. Saat ini, PP PPDI memperjuangkan peningkatan kapasitas atau penguatan profesi Prades agar bagaimana ke depan ada bentuk sekolah khusus secara bertahap bagi mereka.

“Untuk sekolah khusus peningkatan kapasitas Prades ini, beberapa bulan lalu pengurus pusat sudah audensi dengan Kemendagri. Itu salah satu materi audensi,” tutur Ketua PPDI Loteng, Mariono kepada Tatrapost.com, Jumat (6/11).

Mariono mengatakan, pada 2021 nanti bakal ada kebijakan terbaru dari pemerintah pusat terkait peningkatan kapasitas Prades ini. Terhadap hal itu, pihaknya sangat mendukung penuh. Karena tidak dipungkiri memang, kapasitas dan  profesionalitas Prades dalam menjalankan tugasnya masih jauh dari yang diharapkan pemerintah. Sehingga ketika ada wacana pemerintah pusat bersama PP PPDI untuk mengatur terkait sekolah khusus itu, PPDI di daerah menyambutnya dengan baik. Sebab, bagaimanapun Prades itu merupakan ujung tombak dari kemajuan desa itu sendiri. Karena Prades bersentuhan langsung melayani masyarakat di bawah.

“Kita masih belum tahu seperti apa
kajian akademisnya, terutama terkait sumber pendanaannya,” sebut Sekdes Kawo, Kecamatan Pujut ini.

“Kita berharap nanti bisa satu visi dengan pihak kementerian. Karena Kemendagri sendiri sudah sepakat dengan penguatan profesi Prades,” sambungnya.

Mariono juga menjelaskan, tidak hanya soal penguatan profesi Prades, dalam audensi itu ada banyak yang disampaikan PP yang berkaitan dengan isu dan dinamika terkini Prades di Indonesia. Termasuk yang banyak terjadi di Loteng. Salah satunya perihal pemberhentian Prades. Selain itu, ada juga dibahas terkait dengan regulasi yang mengatur tentang Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) dan juga permintaan dari PPDI tentang penggunaan batik khusus Prades.

“Untuk NIPD, sekarang ini draft rancangan regulasinya sudah dibuatkan dan posisinya dalam tahap kajian dibagian hukum Kemendagri. Insya Allah diawal tahun akan dilakukan semacam hearing untuk mendapatkan masukan-masukan dari para pemangku kebijakan terkait itu (NIPD, Red),” terang Ono sapaan akrap mantan aktivis ini.

Oleh karena itu, pihaknya sangat berharap apa yang diperjuangkan PP bisa segera terealisasi dan disahkan menjadi pedoman perundang-undangan. Agar dinamika yang dihadapi dan penguatan status Prades bisa dirasakan. Demikian halnya juga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bisa dengan segera menindaklanjutinya dengan peraturan dibawahnya.

“Untuk penguatan profesi Prades, dulu sempat ada wacana dari mantan Sekda untuk membuka kelas pendidikan bagi para Prades di IPDN Kampus Lombok. Itu bagus dan sejalan dengan apa yang diinginkan rekan-rekan Prades secara Nasional,” pungkasnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Wilayah Desa

Peta Desa

Kategori

Sinergi Program

KEMENTERIAN DESA, PDTT LOMBOK TENGAH
PEMPROV NTB

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Praya - Mantang KM. 10 Desa Barabali
Desa : Barabali
Kecamatan : Batukliang
Kabupaten : Lombok Tengah
Kodepos : 83552
Telepon : 087864800920
Email : barabalidesa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.316
    Kemarin:970
    Total Pengunjung:54.286
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.234.255.5
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel