rss_feed

Desa Barabali

Jalan Raya Praya - Mantang KM. 10 Desa Barabali
Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat
Kode Pos 83552

call 087864800920| mail_outline barabalidesa@gmail.com

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BARABALI KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1442 H AYO BANGKIT MENUJU MASYARAKAT DESA BARABALI YANG PRODUKTIF DAN AMAN DARI COVID-19 JAGA KEBERSIHAN JAGA KESEHATAN JAGA AKTIVITAS JAGA JARAK DAN TETAP MEMAKAI MASKER
fingerprint
CARA MEMBUAT KARTU KIS BAGI MASYARAKAT MISIKIN ATAU TIDAK MAMPU

date_range 31 Ags 2020 03:15:19 favorite 277.509 Kali

KIS (Kartu Indonesia Sehat) dikenal sebagai kartu jakowi yang memberikan jaminan kesehatan untuk warga miskin dan kurang mampu yang awalnya ditujukan untuk penyandang  masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS,  Manfaat kartu KIS ini adalah agar warga miskin mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah.

Di era bpjs saat ini kartu KIS sudah berubah, sekarang KIS adalah kartu BPJS untuk peserta BPJS PBI yang hanya berhak atas kelas 3, yaitu peserta penerima bantuan iuran dari pemerintah,  namun berdasarkan informasi yang beredar, pada akhirnya nanti kartu KIS secara bertahap akan menggantikan seluruh kartu peserta BPJS Kesehatan, jadi nanti setiap peserta BPJS kesehatan baik bpjs PBI, BPJS Mandiri maupun peserta BPJS yang ditanggung oleh perusahaan atau BPJS PBPU semuanya akan memegang kartu KIS.

Untuk mendapatkan kartu ini sebenarnya tidak harus melakukan pendaftaran karena kartu ini akan didistribusikan oleh BPJS Kesehatan ke puskesmas-puskesmas di seluruh desa atau kelurahan, dan penerima kartu KIS ini adalah fakir miskin dan warga kurang mampu berdasarkan pendataan program perlindungan sosial (PPLS) tahun 2011 yang sudah divalidasi dan berdasarkan Basis Data Terpadu yang di bangun dari Sensus penduduk.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk Mendapatkan KIS

Untuk mendapatkan KIS, memang jarang sekali kita dengar apalagi anda jarang berurusan dengan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas, namun berdasarkan informasi dari pihak bpjs yang diperoleh dari situs tanya jawab pemerintah lapor.go.id, untuk mendapatkan kartu kis seseorang harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a. masyarakat yang tak mampu, PMKS/disability, psikotik atau gangguan jiwa, lansia terlantar, anak jalanan, gelandangan dan pengemis, yang sudah terdaftar namanya di BPJS Kesehatan, dan penerima bantuan iuran dari pemerintah.

b. Namanya tercantum dalam system data terpadu PPLS 2011 yang di data oleh BPS pada tahun 2011, dan telah memegang kartu Jamkesmas.

c. Untuk mengetahui apakah namanya tercantum dalam data terpadu PPLS 2011, dapat di lakukan pengecekan di Puskesmas setempat atau BPJS Kesehatan cabang setempat, karena data PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari Pemerintah untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan sudah ada di Puskesmas setempat.

d. Pemegang kartu Jamkesmas dapat menggantinya dengan kartu KIS setelah terlebih dahulu mendaftarkan di kantor cabang BPJS Kesehatan setempat.

Cara Mendapatkan Kartu KIS

Jika anda dan anggota keluarga anda memenuhi salah satu persyaratan di atas dan ingin mendapatkan kartu KIS, maka berkas persyaratan dan prosedurnya adalah sebagai berikut:


Berkas yang harus disiapkan:

Sebelum melakukan pendaftaran berikut adalah berkas persyaratan yang harus dipersiapkan:
  1. KK dan atau KTP anggota keluarga yang ingin mendapatkan kartu KIS
  2. Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW dan kelurahan setempat
  3. Surat pengantar dari puskesmas

Untuk mendapatkan kartu KIS peserta tidak harus memiliki rekening bank, karena iuran akan dibayarkan sepenuhnya oleh pemerintah dan hanya berhak atas kelas III

Prosedur Pembuatan Kartu BPJS PBI (KIS)

Setelah berkas persyaratan disiapkan, maka langkah-langkah untuk pembuatan kartu KIS atau daftar menjadi peserta BPJS PBI adalah sebagai berikut:
 
1. Menyiapkan KTP dan KK
 
2. Membuat SKTM dari Desa atau kelurahan dengan pengantar dari RT/RW
 
3. Pergi ke puskesmas untuk meminta surat pengantar Pendaftaran BPJS Sebagai peserta PBI yang nanti akan mendapatkan kartu KIS.
 
4. Setelah dokumen lengkap, datang langsung ke kantor BPJS kesehatan, biasanya anda harus mengantri dan bisa jadi anda akan dijadwalkan untuk datang di hari-hari yang telah ditentukan, ikuti saja sesuai dengan arahan dari pihak kantor bpjs kesehatan.
 
5. Pendaftaran tidak memakan waktu yang lama, dan anda akan langsung mendapatkan kartu KIS sebagai kartu BPJS untuk peserta BPJS PBI atau penerima bantuan iuran dari dari pemerintah.
 
 
Untuk mendapatkan kartu KIS mungkin saja di setiap daerah prosedurnya bisa jadi berbeda satu sama lain, seperti misalnya untuk mendapatkan kartu kis di jakarta prosedurnya bisa saja berbeda dengan bandung dan kota lainnya, anda bisa koordinasi dengan pihak puskesmas atau kalau mau bisa datang langsung ke kantor bpjs kesehatan untuk mendapatkan informasi dari pihak bpjs terkait cara daftar bpjs pbi untuk mendapatkan kartu KIS.
 

Apakah Daftar Daftar Kartu Indonesia Sehat (KIS) Bisa secara Online?

Untuk daftar guna mendapatkan kartu kis tidak bisa secara online, pendaftaran online saat ini hanya untuk peserta BPJS Mandiri yang iuran bulanannya dibayar oleh pribadi namun hanya diperuntukan untuk anggota keluarga yang keluarganya satupun belum terdaftar menjadi peserta BPJS,
 
Demikian tentang Cara mendapatkan kartu KIS Untuk Peserta BPJS PBI, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.
business
Komentar

Pada artikel ini

  • person
    Jihan nur muklas

    08 April 2021 12:04:45

    Cara bikin bpjs kis gimana iya.buat anak saya
  • person
    ANTONIUS RANDOAN

    07 April 2021 14:39:47

    Daftar online bpj
  • person
    Binatur

    31 Maret 2021 07:44:57

    Mohon bpk / ibu yg terhormat saya kluarga pengangguran yg menanggung anak sekolah... Dan saat ini istri saya sdang hamil ..jadi mw membuat kartu kis tolong dbantu
  • person
    rosdi

    21 Februari 2021 12:22:56

    mau daftar kartu bpjs
  • person
    Misdi

    13 Februari 2021 08:40:43

    Apakah tatacara diatas belakku buat d kota medan pak
  • person
    Moh.hadid

    12 Februari 2021 13:15:02

    Saya sudah lama mendaftarkan bpjs ,tapi sampai sekarang kok blm jadi".apa gak dikirimkan kepetugas,apa gimana?mohon dijelaskan dan mohon di usahakan
  • person
    Ade kusmayadi

    10 Februari 2021 22:28:58

    Saya sudah mendaftar kartu KIS tetapi masih proses terus sudah lama . Saya belum mendapatkan kartu KIS . Gimana ya mhon info nya ! Saya mau gunakan untuk meringankan biaya persalinan istri saya nanti.
  • person
    Safa

    10 Februari 2021 15:49:45

    Jika BPJS suami sudah tidak aktif lg Apa bisa suami dan anak membuat kartu kis.
  • person
    Nor khayati

    10 Februari 2021 09:09:04

    Saya sekeluarga ingin mendapatkan kis, apalagi sekarang saya sedang hamil, mohon bantuannya
  • person
    Siti zubaidah

    10 Februari 2021 04:56:36

    Suami dan ke 2 anak saya dapat kartu KIS dari pak Jokowi.. tetapi kenapa saya istri TDK dpt.. TDK terdaftar.. pdhal 1 KK...
  • person
    Muhammad hoirul

    09 Februari 2021 04:19:50

    Pak mohon sebesar besarnya sya mulai dri dlu . Kenapa saya gk dapat bantuan dari pemerintah pak. Anak saya 3 bank saya sekolah. Sya pengen dapat bantuan dari pemerintah . Sebelumnya sy mohon dri bapak pemerintah.
  • person
    Muhammad hoirul

    09 Februari 2021 04:16:46

    Pak mohon sebesar besarnya sya mulai dri dlu . Kenapa saya gk dapat bantuan dari pemerintah pak. Anak saya 3 bank saya sekolah. Sya pengen dapat bantuan dari pemerintah . Sebelumnya sy mohon dri bapak pemerintah.
  • person
    Amin maryadi

    09 Februari 2021 03:13:48

    Saya mau pendaftaran kis dana bantuan subsidi BLT dari kis
  • person
    Salamah

    08 Februari 2021 08:53:11

    Maaf Bpk /ibu mnta informasinya kk saya ada 4 keluarga kita sudah lama dpt BPJS geratis.. Kita hidup susah rumah kontrakan sya sering nunggak.. Krn itu sya bikin BPJS geratis.. Krn ank saya yg no 2 sering sakit dan rawat inap.. Sedangkan saya tdk mmpu suami saa dan saya nganggur D rmh... Aya mau tanya knp baru2 ini bru ank saya yg pertama dpt kartu kis sedangkan yg tiga tdk dpt Terus jga knp kartu kis ank saya tidak terdaftar . Di kis geratis yg untuk mendapatkan blt kis
  • person
    Fajarianto

    06 Februari 2021 12:42:31

    Saya mau pengen punya kartu KIS
  • person
    Pahmi

    04 November 2020 03:25:48

    Apakah sekarang masih bisa mendaftarkan sebagai penerima kis? saya mau mendaftarkan orang tua saya, Karena saran dokter spesialis agar membuat bpjs kesehatan tp ini memberatkan di iuranya karena harus satu keluarga sistem meminta semua anggota keluarga mendaftar.
  • person
    RIFTO

    18 Oktober 2020 17:17:14

    Saya terpaksa mendaftar BPJS yang berbayar karna tidak satupun kluarga saya mendapatkan kartu KIS,apakah bisa saya pindah ke KIS,mohon bantuannya soalnya saya takut tidak bisa bayar iurannya,trimakasih?
  • person
    Nurul fitri ani

    17 Oktober 2020 06:18:51

    Pak mau tanya.. saya punya kis tapi suami saya tidak punya ..stlah saya nikah dan pindah kpendudukan dan alamat kis saya jg sudah d pindah . Kmarin juni saya melahirkan dan anak saya mendapatkan kis krna saya punya.. Apakah suami saya bisa mendapatkan kartu kis yang dari pemerintah? Misalkan bisa caranya bagaimana ?
  • person
    Ade christanti

    16 Oktober 2020 12:14:04

    Apakah bisa anggota Bpjs mandiri yg lama nunggak tdk sanggup bayar krn Phk bisa ikut program kis mohon infonya.
  • person
    Eka anggita sari

    14 Oktober 2020 05:56:10

    Membuat kartu KIS
  • person
    Eka anggita sari

    14 Oktober 2020 05:50:53

    X8snxA
  • person
    Khoirun

    14 Oktober 2020 03:25:35

    Maaf, apa masih bisa mengurus KIS PBI ?
  • person
    Wahyudi

    13 Oktober 2020 10:50:04

    Bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum dengan mohon saya atas nama Wahyudi ingin mempunyai kartu kis buat saya sangat berharga dan saya berharap banget karna saya mempunyai penyakit yg saya tidak mampuh untuk oprasi ya itu lemak di mata kanan saya..mohon bantuan nya ya pak wasalam
  • person
    Suaibi

    13 Oktober 2020 10:45:47

    Gimana cara mendaftarkan kis
  • person
    Fitria

    13 Oktober 2020 06:14:10

    Tolong saya, bpjs saya udah se thn lebih nunggak ,bisakah saya pinddh ke bpjs bantuan pemerintah ..
  • person
    SITI CHALIMAH

    13 Oktober 2020 05:55:05

    Dulu saya pernah mendapatkan Jamkesmas sampai katanya mau diganti kis dan kartu ditarik pihak desa sampai sekarang belum ada kabar apapun sampai saya menikah dan pindah jiwa
  • person
    Mardisoon

    12 Oktober 2020 16:43:37

    Pak/buk.gimana cara saya membuat kartu kis untuk anak saya.sedang kan saya dapat bantuan pkh.kenapa anak saya tidak dapat kartu kis
  • person
    Suminih

    12 Oktober 2020 14:23:44

    Cara bikin kartu kis
  • person
    Jhonsen Nomensen tarigan

    12 Oktober 2020 07:58:09

    Cara mendapatkan kis dari pemerintah setelah kartu BPJS yg berbayar sudah lama tidak sanggup bayar
  • person
    Muhammad muhtar

    12 Oktober 2020 07:57:43

    Ingin membuat kis
  • person
    Toirin

    10 Oktober 2020 19:56:56

    Saya peserta BPJS mandiri namun sudah tidak aktif karena tidak bisa membayar setoran perbulan , bagemana supaya saya dan keluarga bisa mendapatkan kartu kis tersebut
  • person
    Mirda sari

    10 Oktober 2020 04:13:29

    Cara membuat kartu kis
  • person
    Hendra Yudian Akmal

    09 Oktober 2020 15:52:43

    Bagi yang belum mempunyai kartu kis dan bagi yang kurang mampu bisa mengikuti langkah"yang tertera di atas,itu sangat membantu kita dalam proses pembuatan kartu kis,
  • person
    Agus supriyadi

    08 Oktober 2020 06:41:30

    Saya ingin bertanya bagai mn cara menambahkan aggota kelurga baru di KIS
  • person
    Agus supriyadi

    08 Oktober 2020 06:35:49

    Bagai mana klo ingin menambah kan anggota kluarga baru di KIS
  • person
    Kinanti Tukidjan

    08 Oktober 2020 05:18:01

    Mohon kartu KIS PBI grtais saya di aktifkan,
  • person
    Jihan nur muklas

    07 Oktober 2020 18:02:53

    Bikin bpjs KIS pemerintah gratis
  • person
    Elis

    06 Oktober 2020 09:04:33

    Saya mau tanya kenapa anak saya tidak mendapat kan kis sedangkan sewaktu Jamkesmas dia dapet dari 1kk cuma orang tua nya yang dapat kis anak nya tidak apakah tidak akan keluar kis anak saya ? Apakah harus daftar sendiri? mohon info nya karna sangat di butuh kan di sekolah
  • person
    Oel

    05 Oktober 2020 03:28:13

    Oooo
  • person
    Haryanto

    04 Oktober 2020 11:43:49

    Minta Format surat keterangan tidak mampu, surat keterangan Mengontrak Rumah, surat permohonan pembuatan Kartu KIS,
  • person
    Winarto

    03 Oktober 2020 11:04:44

    Tentang KIS Mertuwa saya dulu pemegang kartu jamkesmas, sehubungan dengan adanya kis maka kartu tersebut ditarik pihak desa dan akan digantikan dengan kartu kis, Akan tetapi sampai saat ini tidak mendapatkan sama sekali kartu kis, bahkan tidak ada penjelasan kenapa tidak mendapatkan/memang tidak ada quota kami tidak diberitahu. Bagamanakah solusinya buat mertuwa saya?
  • person
    Yeti setiawati

    29 September 2020 12:39:12

    Cara mendapatkan kis dari pemerintah setalah kartu bpjs mandiri tidak aktif
  • person
    Yeti setiawati

    29 September 2020 12:37:48

    Cara mendapatkan kis dari pemerintah setalah kartu bpjs mandiri tidak aktif
  • person
    Yeti setiawati

    29 September 2020 12:34:36

    Cara mendapatkan kis dari pemerintah setalah kartu bpjs mandiri tidak aktif
business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

account_circle Aparatur Desa

map Wilayah Desa

reorder Peta Desa

share Sinergi Program

message Komentar Terkini

  • person Yasinta priovita primadona

    date_range 05 Mei 2021 04:46:15

    Apakah nama saya terdaftar sebagai Penerima Bantuan PNM Mekar
  • person Zara ismalia

    date_range 03 Mei 2021 04:27:24

    Pkh
  • person Tholib maulana

    date_range 02 Mei 2021 13:18:51

    Selama ada bansos kami blum menerima
  • person Karyawan

    date_range 01 Mei 2021 12:55:53

    Kapan saya mau merasakan bantuan pemerintah Kerja saya tukang lepas Rumah retak2 gara gempa Kerja kurang karena korona
  • person nenih suryani

    date_range 30 April 2021 12:18:20

    info banpres
  • person Jefrianus aman

    date_range 30 April 2021 07:38:11

    Cek
  • person M.Ali Ilhami

    date_range 29 April 2021 18:57:24

    Saya sudah ikut perekaman e-KTP tapi kenapa KTP saya belum keluar,mohon pencerahannya soalnya mau dipakai untuk buat SIM, terimakasih
  • person Jhoni Iskandar S.Kep

    date_range 17 April 2021 18:47:41

    Dalam bentuk apa bantuannya
  • person Jhoni Iskandar S.Kep

    date_range 17 April 2021 18:37:40

    Dalam bentuk apa bantuannya
  • person Jihan nur muklas

    date_range 08 April 2021 12:04:45

    Cara bikin bpjs kis gimana iya.buat anak saya

event Agenda


  • Belum ada agenda

insert_photo Galeri Foto

Alamat : Jalan Raya Praya - Mantang KM. 10 Desa Barabali
Desa : Barabali
Kecamatan : Batukliang
Kabupaten : Lombok Tengah
Kodepos : 83552
Telepon : 087864800920
Email : barabalidesa@gmail.com

assessment Statistik Desa

contacts Info Media Sosial

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:130
Kemarin:2.521
Total Pengunjung:479.996
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.235.56.11
Browser:Tidak ditemukan

folder Arsip Artikel


  • LALU ALI JUNAIDI

    Kepala Desa

  • ADNAN MUKSIN

    SEKRETARIS DESA

  • BAIQ ANDRIANI

    KEPALA URUSAN TU DAN UMUM

  • TAUFAN RAHMAWADI

    KEPALA URUSAN PERENCANAAN

  • LILY MIARTI

    KEPALA URUSAN KEUANGAN

  • NURUDDIN ARRANIRI

    KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN

  • SALBI

    KEPALA SEKSI KESEJAHTERAAN

  • LALU ARGE BAYU

    KEPALA SEKSI PELAYANAN

  • AHMAD MUZAKKI

    KEPALA DUSUN BARABALI I

  • KARYAWAN

    KEPALA DUSUN BARABALI II

  • MARJONO

    KEPALA DUSUN KEBUN NYIUR

  • LALU BUDI RATMA

    KEPALA DUSUN PUNIK

  • ABDUL MUBDI ARIF

    KEPALA DUSUN LENDANG DODE

  • MUHTAR ALAWI

    KEPALA DUSUN LENDANG RE

  • JALALUDIN

    KEPALA DUSUN PONDOK PANDAI

  • ZAENUL WAJDI

    KEPALA DUSUN TOJAK

  • ZAENUDIN

    KEPALA DUSUN PRAKO

  • MUH. AGIB IBRAHIM

    KEPALA DUSUN SADE

  • SUPRIADI

    KEPALA DUSUN MERTAK WARU

  • SAHDI AMIN

    KEPALA DUSUN SUREBAYE DAYE

  • MUHAMAD MULTAZAM MARJAN

    KEPALA DUSUN SUREBAYE BAT

  • LUKMAN HAKIM

    KEPALA DUSUN SUREBAYE LAUQ

  • FARIANA SURYADI KUMALA

    KEPALA DUSUN MERTAK WIRE

  • MUHLIS

    KEPALA DUSUN CELEGEH

  • SAHRUN

    KEPALA DUSUN GAWAH LENDANG TERONG

  • ZAINAL ARIFIN

    KEPALA DUSUN LENDANG TERONG

  • FAJARUDIN

    KEPALA DUSUN DASAN BARU

  • JUMERAH

    KEPALA DUSUN LINGKOK KUDUNG

  • LALU SURIYADI

    KEPALA DUSUN KLANJUH LAUQ

  • LALU HERMAN

    KEPALA DUSUN MUHAJIRIN

  • KHAERUDIN

    STAF URUSAN TU DAN UMUM

  • LALU IRJAN

    STAF URUSAN PERENCANAAN

  • KARMILA

    STAF URUSAN KEUANGAN

  • BAIQ ANINDA SAFITRI

    STAF SEKSI PEMERINTAHAN

  • HARDIMAN

    STAF SEKSI KESEJAHTERAAN

  • JANIP

    STAF SEKSI PELAYANAN

settings Pengaturan Layar

fingerprint

130 views

Pengunjung Hari Ini

5.16 %
Kemarin 2.521 views

router OpenSID 21.06-premium-bugfix

  • lock Login Aplikasi
    Halaman Administrator

  • print Layanan Mandiri
    Permohonan Surat, Cetak KK, dll

  • room Lokasi Kantor
    Desa Barabali

TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDes 2021 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 1,342,581,522 | Rp. 3,358,635,912
39.97 %
BELANJA
Rp. 971,682,457 | Rp. 3,469,007,817
28.01 %
PEMBIAYAAN
Rp. 99,600,000 | Rp. 110,371,905
90.24 %
insert_chart
APBDes 2021 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Hasil Usaha Desa
Rp. 0 | Rp. 35,000,000
0 %
Hasil Aset Desa
Rp. 0 | Rp. 5,000,000
0 %
Dana Desa
Rp. 891,657,600 | Rp. 1,936,096,000
46.05 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 0 | Rp. 85,758,128
0 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 343,533,595 | Rp. 1,120,591,457
30.66 %
Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota
Rp. 9,200,000 | Rp. 78,000,000
11.79 %
Koreksi Kesalahan Belanja Tahun-tahun Sebelumnya
Rp. 98,190,327 | Rp. 98,190,327
100 %
insert_chart
APBDes 2021 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 406,377,130 | Rp. 1,463,100,207
27.78 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 344,070,327 | Rp. 601,490,327
57.2 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 108,715,000 | Rp. 395,730,433
27.47 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 67,520,000 | Rp. 468,686,850
14.41 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 45,000,000 | Rp. 540,000,000
8.33 %