SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BARABALI KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH AYO BANGKIT MENUJU MASYARAKAT DESA BARABALI YANG PRODUKTIF DAN AMAN DARI COVID-19 JAGA KEBERSIHAN JAGA KESEHATAN JAGA AKTIVITAS JAGA JARAK DAN TETAP MEMAKAI MASKER

Artikel

CARA MEMBUAT KARTU KIS BAGI MASYARAKAT MISIKIN ATAU TIDAK MAMPU

31 Agustus 2020 10:15:19  Administrator  15.533 Kali Dibaca  Berita Lokal

KIS (Kartu Indonesia Sehat) dikenal sebagai kartu jakowi yang memberikan jaminan kesehatan untuk warga miskin dan kurang mampu yang awalnya ditujukan untuk penyandang  masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS,  Manfaat kartu KIS ini adalah agar warga miskin mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah.

Di era bpjs saat ini kartu KIS sudah berubah, sekarang KIS adalah kartu BPJS untuk peserta BPJS PBI yang hanya berhak atas kelas 3, yaitu peserta penerima bantuan iuran dari pemerintah,  namun berdasarkan informasi yang beredar, pada akhirnya nanti kartu KIS secara bertahap akan menggantikan seluruh kartu peserta BPJS Kesehatan, jadi nanti setiap peserta BPJS kesehatan baik bpjs PBI, BPJS Mandiri maupun peserta BPJS yang ditanggung oleh perusahaan atau BPJS PBPU semuanya akan memegang kartu KIS.

Untuk mendapatkan kartu ini sebenarnya tidak harus melakukan pendaftaran karena kartu ini akan didistribusikan oleh BPJS Kesehatan ke puskesmas-puskesmas di seluruh desa atau kelurahan, dan penerima kartu KIS ini adalah fakir miskin dan warga kurang mampu berdasarkan pendataan program perlindungan sosial (PPLS) tahun 2011 yang sudah divalidasi dan berdasarkan Basis Data Terpadu yang di bangun dari Sensus penduduk.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk Mendapatkan KIS

Untuk mendapatkan KIS, memang jarang sekali kita dengar apalagi anda jarang berurusan dengan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas, namun berdasarkan informasi dari pihak bpjs yang diperoleh dari situs tanya jawab pemerintah lapor.go.id, untuk mendapatkan kartu kis seseorang harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a. masyarakat yang tak mampu, PMKS/disability, psikotik atau gangguan jiwa, lansia terlantar, anak jalanan, gelandangan dan pengemis, yang sudah terdaftar namanya di BPJS Kesehatan, dan penerima bantuan iuran dari pemerintah.

b. Namanya tercantum dalam system data terpadu PPLS 2011 yang di data oleh BPS pada tahun 2011, dan telah memegang kartu Jamkesmas.

c. Untuk mengetahui apakah namanya tercantum dalam data terpadu PPLS 2011, dapat di lakukan pengecekan di Puskesmas setempat atau BPJS Kesehatan cabang setempat, karena data PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari Pemerintah untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan sudah ada di Puskesmas setempat.

d. Pemegang kartu Jamkesmas dapat menggantinya dengan kartu KIS setelah terlebih dahulu mendaftarkan di kantor cabang BPJS Kesehatan setempat.

Cara Mendapatkan Kartu KIS

Jika anda dan anggota keluarga anda memenuhi salah satu persyaratan di atas dan ingin mendapatkan kartu KIS, maka berkas persyaratan dan prosedurnya adalah sebagai berikut:


Berkas yang harus disiapkan:

Sebelum melakukan pendaftaran berikut adalah berkas persyaratan yang harus dipersiapkan:
  1. KK dan atau KTP anggota keluarga yang ingin mendapatkan kartu KIS
  2. Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW dan kelurahan setempat
  3. Surat pengantar dari puskesmas

Untuk mendapatkan kartu KIS peserta tidak harus memiliki rekening bank, karena iuran akan dibayarkan sepenuhnya oleh pemerintah dan hanya berhak atas kelas III

Prosedur Pembuatan Kartu BPJS PBI (KIS)

Setelah berkas persyaratan disiapkan, maka langkah-langkah untuk pembuatan kartu KIS atau daftar menjadi peserta BPJS PBI adalah sebagai berikut:
 
1. Menyiapkan KTP dan KK
 
2. Membuat SKTM dari Desa atau kelurahan dengan pengantar dari RT/RW
 
3. Pergi ke puskesmas untuk meminta surat pengantar Pendaftaran BPJS Sebagai peserta PBI yang nanti akan mendapatkan kartu KIS.
 
4. Setelah dokumen lengkap, datang langsung ke kantor BPJS kesehatan, biasanya anda harus mengantri dan bisa jadi anda akan dijadwalkan untuk datang di hari-hari yang telah ditentukan, ikuti saja sesuai dengan arahan dari pihak kantor bpjs kesehatan.
 
5. Pendaftaran tidak memakan waktu yang lama, dan anda akan langsung mendapatkan kartu KIS sebagai kartu BPJS untuk peserta BPJS PBI atau penerima bantuan iuran dari dari pemerintah.
 
 
Untuk mendapatkan kartu KIS mungkin saja di setiap daerah prosedurnya bisa jadi berbeda satu sama lain, seperti misalnya untuk mendapatkan kartu kis di jakarta prosedurnya bisa saja berbeda dengan bandung dan kota lainnya, anda bisa koordinasi dengan pihak puskesmas atau kalau mau bisa datang langsung ke kantor bpjs kesehatan untuk mendapatkan informasi dari pihak bpjs terkait cara daftar bpjs pbi untuk mendapatkan kartu KIS.
 

Apakah Daftar Daftar Kartu Indonesia Sehat (KIS) Bisa secara Online?

Untuk daftar guna mendapatkan kartu kis tidak bisa secara online, pendaftaran online saat ini hanya untuk peserta BPJS Mandiri yang iuran bulanannya dibayar oleh pribadi namun hanya diperuntukan untuk anggota keluarga yang keluarganya satupun belum terdaftar menjadi peserta BPJS,
 
Demikian tentang Cara mendapatkan kartu KIS Untuk Peserta BPJS PBI, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.
RIFTO
19 Oktober 2020 00:17:14
Saya terpaksa mendaftar BPJS yang berbayar karna tidak satupun kluarga saya mendapatkan kartu KIS,apakah bisa saya pindah ke KIS,mohon bantuannya soalnya saya takut tidak bisa bayar iurannya,trimakasih?
Nurul fitri ani
17 Oktober 2020 13:18:51
Pak mau tanya.. saya punya kis tapi suami saya tidak punya ..stlah saya nikah dan pindah kpendudukan dan alamat kis saya jg sudah d pindah . Kmarin juni saya melahirkan dan anak saya mendapatkan kis krna saya punya.. Apakah suami saya bisa mendapatkan kartu kis yang dari pemerintah? Misalkan bisa caranya bagaimana ?
Ade christanti
16 Oktober 2020 19:14:04
Apakah bisa anggota Bpjs mandiri yg lama nunggak tdk sanggup bayar krn Phk bisa ikut program kis mohon infonya.
Eka anggita sari
14 Oktober 2020 12:56:10
Membuat kartu KIS
Eka anggita sari
14 Oktober 2020 12:50:53
X8snxA
Khoirun
14 Oktober 2020 10:25:35
Maaf, apa masih bisa mengurus KIS PBI ?
Wahyudi
13 Oktober 2020 17:50:04
Bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum dengan mohon saya atas nama Wahyudi ingin mempunyai kartu kis buat saya sangat berharga dan saya berharap banget karna saya mempunyai penyakit yg saya tidak mampuh untuk oprasi ya itu lemak di mata kanan saya..mohon bantuan nya ya pak wasalam
Suaibi
13 Oktober 2020 17:45:47
Gimana cara mendaftarkan kis
Fitria
13 Oktober 2020 13:14:10
Tolong saya, bpjs saya udah se thn lebih nunggak ,bisakah saya pinddh ke bpjs bantuan pemerintah ..
SITI CHALIMAH
13 Oktober 2020 12:55:05
Dulu saya pernah mendapatkan Jamkesmas sampai katanya mau diganti kis dan kartu ditarik pihak desa sampai sekarang belum ada kabar apapun sampai saya menikah dan pindah jiwa
Mardisoon
12 Oktober 2020 23:43:37
Pak/buk.gimana cara saya membuat kartu kis untuk anak saya.sedang kan saya dapat bantuan pkh.kenapa anak saya tidak dapat kartu kis
Suminih
12 Oktober 2020 21:23:44
Cara bikin kartu kis
Jhonsen Nomensen tarigan
12 Oktober 2020 14:58:09
Cara mendapatkan kis dari pemerintah setelah kartu BPJS yg berbayar sudah lama tidak sanggup bayar
Muhammad muhtar
12 Oktober 2020 14:57:43
Ingin membuat kis
Toirin
11 Oktober 2020 02:56:56
Saya peserta BPJS mandiri namun sudah tidak aktif karena tidak bisa membayar setoran perbulan , bagemana supaya saya dan keluarga bisa mendapatkan kartu kis tersebut
Mirda sari
10 Oktober 2020 11:13:29
Cara membuat kartu kis
Hendra Yudian Akmal
09 Oktober 2020 22:52:43
Bagi yang belum mempunyai kartu kis dan bagi yang kurang mampu bisa mengikuti langkah"yang tertera di atas,itu sangat membantu kita dalam proses pembuatan kartu kis,
Agus supriyadi
08 Oktober 2020 13:41:30
Saya ingin bertanya bagai mn cara menambahkan aggota kelurga baru di KIS
Agus supriyadi
08 Oktober 2020 13:35:49
Bagai mana klo ingin menambah kan anggota kluarga baru di KIS
Kinanti Tukidjan
08 Oktober 2020 12:18:01
Mohon kartu KIS PBI grtais saya di aktifkan,
Jihan nur muklas
08 Oktober 2020 01:02:53
Bikin bpjs KIS pemerintah gratis
Elis
06 Oktober 2020 16:04:33
Saya mau tanya kenapa anak saya tidak mendapat kan kis sedangkan sewaktu Jamkesmas dia dapet dari 1kk cuma orang tua nya yang dapat kis anak nya tidak apakah tidak akan keluar kis anak saya ? Apakah harus daftar sendiri? mohon info nya karna sangat di butuh kan di sekolah
Oel
05 Oktober 2020 10:28:13
Oooo
Haryanto
04 Oktober 2020 18:43:49
Minta Format surat keterangan tidak mampu, surat keterangan Mengontrak Rumah, surat permohonan pembuatan Kartu KIS,
Winarto
03 Oktober 2020 18:04:44
Tentang KIS Mertuwa saya dulu pemegang kartu jamkesmas, sehubungan dengan adanya kis maka kartu tersebut ditarik pihak desa dan akan digantikan dengan kartu kis, Akan tetapi sampai saat ini tidak mendapatkan sama sekali kartu kis, bahkan tidak ada penjelasan kenapa tidak mendapatkan/memang tidak ada quota kami tidak diberitahu. Bagamanakah solusinya buat mertuwa saya?
Yeti setiawati
29 September 2020 19:39:12
Cara mendapatkan kis dari pemerintah setalah kartu bpjs mandiri tidak aktif
Yeti setiawati
29 September 2020 19:37:48
Cara mendapatkan kis dari pemerintah setalah kartu bpjs mandiri tidak aktif
Yeti setiawati
29 September 2020 19:34:36
Cara mendapatkan kis dari pemerintah setalah kartu bpjs mandiri tidak aktif

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Wilayah Desa

Peta Desa

Sinergi Program

KEMENTERIAN DESA, PDTT LOMBOK TENGAH
PEMPROV NTB

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Praya - Mantang KM. 10 Desa Barabali
Desa : Barabali
Kecamatan : Batukliang
Kabupaten : Lombok Tengah
Kodepos : 83552
Telepon : 087864800920
Email : barabalidesa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:221
    Kemarin:1.036
    Total Pengunjung:25.836
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.201.18.139
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel